KUNARTO
Blog Universitas Komputer Indonesia

Definisi Cluster server

Matakuliah             : Pemrograman Paralel
No. Matakuliah       : TK36305
Tugas                    : 2 (Definisi Cluster Server)
Sifat                      : Kelompok
 
Anggota Kelompok :
 
1. Fauzan S. Indra                10214083
2. Hadian                             10214061
3. Kunarto                           10214120
4. Mustofa Kamal A.            10214070
5. Taufiq Hadi Suwito                  10214140
 
1
Cluster  Server
 
Cluster server adalah kumpulan dari server yang saling terhubung yang memiliki fungsi untuk membackup kinerja server yang lainya jika terjadi kegagalan devices, sehingga service / aplikasi yang ada di dalam server tersebut tetap berjalan walaupun salah satu server dalam keadaan mati.
 
Failover clustering (High Availability)
Cluster failover adalah sekelompok komputer yang bekerja bersama untuk meningkatkan ketersediaan dan skalabilitas peran kluster (aplikasi dan layanan cluster). Kumpulan server (node) dihubungkan oleh kabel fisik dan oleh perangkat lunak. Jika satu atau lebih dari node cluster gagal, node lain mulai menyediakan layanan (dikenal sebagai failover). Selain itu, peran yang dikelompokkan secara proaktif dipantau untuk memverifikasi bahwa mereka berfungsi dengan baik. Jika mereka tidak berfungsi, mereka direstart atau dipindahkan ke node lain.
 
Cluster Failover juga menyediakan fungsionalitas Cluster Shared Volume (CSV) yang menyediakan namespace yang konsisten dan terdistribusi yang dapat digunakan dengan dikelompokkan untuk mengakses penyimpanan bersama dari semua node.
 
Penyimpanan berbagi file yang sangat tersedia atau tersedia untuk aplikasi seperti Microsoft SQL Server dan mesin virtual Hyper-V. Peran berbarengan sangat tersedia untuk dijalankan pada server fisik atau mesin virtual yang diinstal pada server yang menjalankan Hyper-V.
Failover server memiliki dua mode yaitu mode aktif-pasif (master-slave) dan (aktif-aktif).
  • Aktif-pasif (master-slave) : Dua server atau lebih, yang melayani service jaringan hanya satu server saja, yang lain hanya sebagai cadangan jika terjadi kegagalan pada server aktif (master).
  • Aktif-aktif (master-master) : Dua server yang kedua duanya bisa melayani jaringan dan saling mem-backup, jika salah satu server mati maka server yang lain akan menggantikannya. Kedua server ini memiliki data yang sama persis.
 
Referensi:

https://docs.microsoft.com/en-us/windows-server/failover-clustering/failover-clustering-overview
https://www.bicom.co.id/index.php/component/kunena/4-hardware-computer/27-clustering-server
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 02 Juli 19 - 16:46 WIB
Dalam Kategori : PELAJARAN
Dibaca sebanyak : 29 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback